Makanan Terenak Di Restoran Yunani Yang Perlu Anda Coba

Orang Yunani dikenal suka makanan, suka makan, dan suka memberi makan orang lain. Yunani adalah salah satu tempat Anda dijamin tidak akan pernah merasa lapar. Makanan Yunani tradisional dikemas dengan rasa dan dibuat terutama dengan bahan-bahan lokal yang segar — seperti sayuran Mediterania, minyak zaitun, dan keju. Jika Anda merencanakan perjalanan ke Mediterania, pastikan untuk mencoba setidaknya beberapa hidangan Yunani yang lezat ini.

1. Moussaka Panggang Yang Lezat

Mungkin hidangan Yunani yang paling terkenal, moussaka terdiri dari lapisan terong goreng, daging cincang, dan kentang. Itu semua atasnya dengan saus béchamel yang lembut dan kemudian dipanggang sampai berwarna cokelat keemasan. Beberapa restoran Yunani juga akan menyajikan versi vegetarian yang sama lezatnya.

2. Fasolatha — Makanan Yunani Tradisional Terbaik


Hidangan nasional Yunani lainnya, meski tidak begitu terkenal secara internasional, adalah sup kacang putih klasik ini. Makanan sederhana namun mengenyangkan terdiri dari kacang-kacangan, tomat tumbuk, dan sayuran seperti bawang, wortel, dan seledri. Ini sering dibumbui dengan thyme, peterseli, dan daun salam.

3. Koulouri Berbalut Wijen

Berjalan-jalanlah di salah satu kota besar Yunani seperti Athena atau Thessaloniki di pagi hari dan Anda akan sering melihat penduduk setempat dalam perjalanan ke tempat kerja mengunyah koulouri – roti bundar besar yang dilapisi biji wijen. Mereka sering dijual dari gerobak jalanan kuning dan dimakan saat bepergian dengan secangkir kopi.

Mulailah merencanakan perjalanan impian Anda ke Yunani hari ini. Temukan tempat sempurna Anda untuk menginap di Athena atau telusuri hotel di Thessaloniki.

4. Yemista Isi Yang Berair

Makanan tradisional Yunani ini terbuat dari sayuran lokal yang berair, biasanya tomat atau paprika, yang diisi dengan nasi lalu dipanggang di oven. Beberapa versi Yemista (yang dalam bahasa Yunani berarti ‘diisi’) juga menyertakan daging cincang.

5. Makanan Yunani Favorit — Loukoumades


Kelezatan Yunani yang disukai oleh anak-anak dan orang dewasa, loukoumades adalah bola kecil berbentuk donat goreng yang dibasahi sirup madu dan ditaburi berbagai topping seperti kayu manis atau kacang kenari yang dihancurkan. Orang biasanya memesan sepiring besar untuk dibagikan dengan teman atau keluarga. Ini adalah santapan Yunani yang terbaik.

6. Panaskan Souvlaki Panggangan

Selalu populer di seluruh dunia, sate daging panggang (biasanya babi) ini sering disajikan panas dari panggangan. Biasanya orang menikmati souvlaki dengan tzatziki, roti pita, salad, tomat atau nasi. Hidangan versi Athena ini, kalamaki, biasanya direndam dalam semalam.

7. Isi Daun Anggur Atau Dolmades

Dolmades adalah lauk khas Yunani. Mereka terbuat dari daun anggur atau anggur yang diisi dengan herba, nasi lemon dan dilipat menjadi bungkusan kecil, yang kemudian dikukus. Anda juga dapat menemukannya hanya diisi dengan daging atau vegetarian dengan nasi saja.

8. Bakso Yunani — Keftethes


Keftethes pada dasarnya adalah bakso Yunani yang dilapisi tepung roti – biasanya dibuat dengan daging domba dan kentang parut dan disajikan dengan saus yoghurt krim. Renyah, berair, dan bisa dinikmati dengan salad atau nasi di sampingnya. Ini adalah makanan Yunani klasik untuk dicoba saat berkunjung.

9. Pai keju Yunani — Spanakopita

Orang Yunani menyukai pai mereka dan Anda dapat menemukan banyak variasi, mulai dari yang dibuat dengan adonan yang diperkaya hingga yang terbuat dari kue phyllo (juga filo) bersisik dan diisi dengan apa saja mulai dari terong atau daging hingga sayuran atau keju. Yang paling klasik adalah spanakopita – phyllo pastry yang dilapisi dengan keju feta dan bayam dan dibumbui dengan dill. Favorit lainnya adalah tyropita – kue phyllo renyah yang dibungkus dengan isian keju yang gurih.

10. Stifado Gurih

Stifado adalah sup daging Yunani yang bersahaja, cocok untuk bulan-bulan yang lebih dingin. Biasanya dibuat dengan daging sapi atau kelinci, tomat, dan seringkali bawang bombai kecil. Biasanya direbus selama berjam-jam, makanan rumahan Yunani tradisional ini adalah hidangan yang enak untuk dicoba di perjalanan Anda.

11. Gyros — Hidangan Yunani Paling Populer

Mirip seperti kebab, gyro adalah sandwich khas Yunani. Ini terdiri dari potongan daging (biasanya ayam, babi, domba atau sapi) yang dimasak di atas rotisserie dan dibungkus dengan roti pipih atau pita bersama dengan salad, bawang, dan berbagai saus. Versi vegetarian dapat mencakup halloumi panggang (keju Siprus asin yang terbuat dari campuran susu domba dan kambing) atau keju feta sebagai pengganti daging.

12. Galaktoboureko Yang Menggiurkan


Irisan custard manis ini, dibuat dengan lapisan kue phyllo bersisik dan ditaburi kayu manis, patut dikunjungi di Yunani saja, bahkan jika Anda tidak melakukan hal lain. Paling enak dimakan hangat kue ini sambil bermain judi online di situs http://139.99.80.41/.

13. Papoutsakia Murahan

Kata “Papoutsakia” dalam bahasa Yunani berarti “sepatu kecil”. Hidangan ini terdiri dari terong yang diambil dan diisi dengan telur, paprika, daging cincang, tomat, lemon, dan minyak zaitun. Hidangan hangat ini kemudian ditaburi dengan keju asin lokal.

Baca juga : 10 Fakta Menarik Tentang Budaya Makanan Yunani