Cara Membuka Restoran

Cara Membuka RestoranDengan 58% orang dewasa  makan di luar setidaknya sekali seminggu, industri restoran terus berkembang. Sementara tren layanan makanan datang dan pergi, dapat dipastikan bahwa banyak orang akan terus menikmati makanan yang disiapkan di luar rumah. Memulai sebuah restoran membutuhkan banyak pekerjaan, tetapi dengan perencanaan ahli, Anda dapat memulai bisnis restoran yang sukses.

Cara Memulai Restoran

Memulai Restoran

Membuka sebuah restoran membutuhkan juggling banyak bagian yang bergerak dan bisa terasa seperti usaha yang sulit. Tetapi prosedur ini merupakan hal yang lebih mudah dikelola ketika dirinci. Jika Anda penasaran tentang cara membuka restoran, kami telah membuat panduan 11 langkah untuk menavigasi Anda melalui proses.

1. Pilih Konsep dan Merek Restoran

pengaturan restoran dengan meja kayu dan lampu gantung sebelum hari pembukaan
Saat memulai restoran, penting untuk memiliki konsep dan merek yang jelas. Konsep restoran Anda meliputi gaya layanan restoran Anda, makanan yang Anda sajikan, dan suasana restoran Anda. Hal ini sejalan dengan merek Anda, yang membentuk identitas, kepribadian, dan misi restoran Anda. Merek Anda adalah kekuatan tak berwujud di balik konsep restoran Anda, dan konsep restoran Anda seperti merek Anda yang sedang beraksi.

Berdasarkan pada merek dan konsep Anda, ruang makan Anda harus memancarkan suasana tertentu dan berkomunikasi siapa Anda. Ini menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dan bermakna bagi orang-orang yang ingin kembali untuk makan atau sekedar duduk bersantai. Memilih konsep unik dan fungsional yang menargetkan demografis tertentu adalah salah satu faktor terpenting dalam menciptakan konsep dan merek Anda.

Apakah Anda tempat yang terang benderang, santai dan kasual yang dilengkapi dengan karya seni modern dengan sistem mobile point of sale? Atau apakah Anda restoran Mediterania kelas atas yang dihiasi dengan tanaman dan bunga di dinding? Apakah Anda bar yang remang-remang dengan daftar wiski pembunuh dan jazz live yang sering? Energi, pilihan kata, dan perhatian staf Anda juga akan mengomunikasikan tentang restoran Anda.

2. Bentuk Item Menu Anda

Sebelum Anda membuka restoran, Anda perlu membuat beberapa makanan pokok yang akan ditampilkan oleh menu Anda. Memutuskan apa yang akan ada di menu Anda adalah penting ketika mencari tahu peralatan yang Anda butuhkan, staf yang akan Anda sewa, dan kerumunan yang ingin Anda gambar.

Pada titik ini, menu Anda tidak perlu sepenuhnya dirancang dan resep Anda tidak perlu sepenuhnya disempurnakan, kecuali seluruh konsep Anda memilih item tertentu, seperti tempat pizza. Namun, Anda harus memiliki gagasan yang kuat tentang tarif yang akan Anda layani di restoran Anda. Kemudian dalam proses membuka restoran Anda, Anda harus merekayasa menu Anda untuk meningkatkan keuntungan dan terus memperbarui menu Anda saat Anda mendapatkan informasi tentang barang makanan yang laris manis dan yang tidak.

3. Tulis Rencana Bisnis Restoran

Menulis rencana bisnis restoran yang menyeluruh sangat penting untuk menjangkau investor dan mengajukan pinjaman restoran untuk memulai restoran Anda. Ini juga akan membantu Anda mengembangkan strategi dan menyempurnakan kelayakan detail restoran Anda. Di bawah ini adalah komponen utama dari rencana bisnis restoran.

4. Dapatkan Pendanaan

pena pada grafik batang oranye yang memprediksi keuangan untuk membuka restoran
Perkirakan total biaya awal yang Anda perlukan untuk memulai restoran dan jumlah yang dibutuhkan untuk menjaga agar restoran Anda berfungsi setiap hari. Anda kemudian harus membuat anggaran dan memperkirakan tahun depan untuk mengetahui berapa banyak yang Anda perlukan untuk bertahan dalam bisnis.

Setelah ini, nilai berapa banyak uang yang Anda miliki untuk digunakan sebagai dana awal, dan tentukan berapa banyak lagi yang akan Anda butuhkan. Ingatlah untuk memasukkan biaya lisensi apa pun yang Anda butuhkan. Pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman restoran untuk mendapatkan dana guna menutupi biaya restaurant Anda.